Kegiatan Sosial Indo Coyle : Pelatihan Merajut di Panti Asuhan Roudhotul Amanah

Pelatihan Merajut di Panti Asuhan Roudhotul Amanah
Kolaborasi Indo Coyle dengan
Komunitas Ibu Mandiri (KIM) dan
Komunitas Bandung Ngarajut (KBN)
Happy everyday, Kawan Indo Coyle!
     Berbagi itu indah, tidaklah rugi melainkan penuh dengan suka cita loh, Kawan. Berbagi membuat kita lebih bersyukur dengan segala yang kita miliki, selain itu menciptakan perasaan bahagia, menularkan kebaikan dan meningkatkan rasa peduli. Tidak hanya materi yang dapat kita bagikan kepada orang lain, bahkan ilmu pun jika kita bagi kepada yang lain akan lebih bermanfaat. Berbagi ilmu dan keterampilan itu ternyata juga bermanfaat bagi pengembangan diri, salah satunya membuat keahlian (skill) menjadi lebih kuat. Semakin banyak kita berbagi ilmu dan keterampilan, artinya semakin banyak pula kita berlatih bahkan belajar hal baru lagi. Jadi untuk bisa berbagi, tentunya harus melatih diri sendiri dan mempelajari lagi apa yang akan kita sampaikan. Dengan begitu, secara tidak sadar kita akan meningkatkan kemampuan kita pada bidang tersebut.
    Pada hari Minggu, tanggal 29 September 2019 telah berlangsung pertemuan pertama Pelatihan Dasar Merajut dengan Adik-adik Panti Asuhan Roudhotul Amanah, Batujajar. Kegiatan Sosial ini diadakan oleh Komunitas Ibu Mandiri (KIM) yang berkolaborasi dengan Indonesian Community of Yarn Lovers (Indo Coyle) dan Komunitas Bandung Ngarajut (KBN).

Panti Asuhan Roudotul Amanah
     Bertempat di Kp.Cibungur Jl.Gunung Leutik, Batujajar Timur, Kec.Batujajar, Kab.Bandung Barat, Panti Asuhan Roudotul Amanah didirikan oleh Ibu Imas Masitoh yang penghasilan hariannya hanya dari hasil berjualan keset dan gorengan. Tapi segala keterbatasan kondisi beliau tidak menghalangi niat luhurnya untuk menghidupi anak-anak yatim dan dhuafa di sekitarnya. Ini menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa berbuat baik tidak mesti menunggu kaya.
      Pada awalnya, panti ini mengontrak di sebuah bangunan kecil yang kondisinya masih jauh dari kata layak. Atas ketulusan dan perjuangan Ibu Imas selama ini, datangkan seorang dermawan yang membuka donasi lewat kitabisa.com untuk pembangunan panti yang lebih layak di lahan sendiri.
     Setelah panti berdiri dengan bangunan yang cukup layak, satu-satunya donatur tetap di panti asuhan ini, per bulan Februari lalu mengundurkan diri dengan alasan bangunan panti sudah baik. Padahal, untuk menghidupi anak-anak asuhnya, Ibu Imas masih harus bergantung dari hasil penjualan keset. Dan kini, proses penjualannya pun terhambat karena Ibu Imas memiliki penyakit jantung, sehingga tidak bisa menawarkan keset dari satu rumah ke rumah lain seperti dulu.
     Dengan kenyataan yang sangat memilukan ini, Indo Coyle bersama KBN sebagai komunitas merajut digandeng oleh  Divisi Sosial KIM yang bekerjasama dengan Divisi Produktif KIM untuk memberikan pelatihan merajut kepada mereka. Diharapkan kedepannya dapat difokuskan membuat rajutan dari bahan recycle berupa kantong keresek bekas dan ring serta tutup botol untuk dijadikan barang-barang yang bernilai rupiah. Alasannya, selain karena minim modal, juga untuk mendukung program pelestarian lingkungan hidup dari sampah plastik. Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah memberi keterampilan kepada anak-anak asuh yang sudah besar atau usia remaja, agar kelak bisa mandiri secara ekonomi tanpa bergantung pada bantuan donasi.
     Kesan pertemuan pertama pada Pelatihan Dasar Merajut sungguh luar biasa. Adik-adik benar-benar antusias dan sangat cepat menyerap ilmu yang dibagikan. Dengan keceriaan kegiatan tersebut tidak terasa waktu berjalan sangat cepat. Akan tetapi dengan waktu yang singkat tersebut, Adik-adik Panti telah paham membuat simpul (Slipknot) dan Rantai (Chain) sebagai awalan merajut. Juga ada sebagian dari mereka yang sudah lanjut ke pengenalan Magic Ring bahkan sudah mulai pengenalan dan praktek membuat Stitch. Sungguh sangat membanggakan!
     Donasi yang telah terkumpul sebagian disampaikan berupa Starter Kit Merajut dengan Modul Materi Dasar Merajut dan Pola Sederhana untuk Pemula. Dan untuk donasi barang yang telah terkumpul akan diberikan secara bertahap sesuai dengan perkembangan kemampuan Adik-adik Panti. Rencana kedepannya akan ada 5 atau 6 kali pertemuan lagi.

Salam kasih,
Widuri
Team of Indo Coyle


Berikut ini beberapa dokumentasi Kegiatan Sosial Pelatihan Merajut di Panti Asuhan Roudotul Amanah.
Sambutan dan persiapan Pelatihan Merajut untuk Adik-adik Panti
Penyerahan Starter Kit Merajut kepada salah satu Adik Panti
Makan siang bersama
Pelatihan Merajut
Adik-adik belajar dengan sangat antusias

Dengan tekun Adik-adik Panti praktek merajut

Comments

Popular posts from this blog

Apakah itu Kurasi, Kurator dan Kuratorial?

Fashion: Apakah itu Milineris?

DIY Mini Studio Photography