Fashion: Apakah itu Milineris?

Milineris


Konichiwa, Sahabat Indo Coyle!
     Apakah Kawan familiar dengan kata Milineris? Pernahkah Anda mendengar kata itu? Yuk, kita simak pemaparan tentang kata rersebut berikut ini.

     Milineris merupakan benda yang melengkapi busana dan berguna langsung bagi pemakai. Benda-benda yang termasuk ke dalam benda-benda milineris, yaitu:

Sarung Tangan
     Sarung tangan adalah pelengkap busana yang berfungsi menutupi jari tangan. Baik mengenai bahan, fungsi maupun model sarung tangan ini berbeda-beda. Bahannya ada yang dari nylon, yang berfungsi sebagai sarung tangan hias, ada yang dari rajutan katun sebagai sarung tangan penahan dingin, ada yang dari kulit sebagai pelindung ketika mengendarai kendaraan seperti motor atau mobil.
Crochet women's gloves (www.interunet.com)

Kaos kaki (socks)
     Kaos kaki merupakan pelengkap dari penggunaan sepatu khususnya untuk pria dan anak sampai remaja. Kaos kaki berguna melindungi kaki dari gesekan sepatu, di samping tampak lebih lengkap. Berdasarkan panjangnya, kaos kaki dapat dibedakan atas: footie, anklet, standard, crew, three-quarter, knee high, over-yhe-knee, dan panty haouse.
Crochet socks (www.garnstudio.com)

Alas kaki
     Alas kaki merupakan pelengkap busana yang berfungsi menutup telapak kaki. Jenis alas kaki ini bermacam-macam dan dipakai sesuai kesempatannya. Berdasarkan tinggi tumit, sepatu dapat dibedakan atas: flat (datar), low (rendah), medium (sedang), dan high (tinggi). Sepatu dengan kelebihan bahan pada bagian atas, disebut dengan istilah boots. Bersadaskan panjangnya boots dibedakan atas: short, half, long, dan stocking-length. Sedangkan berdasarkan bentuk alas kaki dapat dibedakan menjadi: sepatu pumps, pantofel, sepatu terbuka atau model sandal, dan sepatu boots.
Crochet boots (www.fabartdiy.com)

Topi (hats)
     Topi merupakan pelengkap busana yang menutupi bagian ujung kepala (rambut) dan sebagai pelengkap pakaian terutama di Negara-negara Barat dan Eropa. Di Indonesia topi umumnya dipakai wanita untuk piknik, tetapi pada masa kini sudah ada pula memakainya untuk kesempatan pesta, walaupun masing jarang sekali.
Crochet hat (www.thecrochetcrowd.com)

Tas (bags)
     Tas merupakan benda sebagai tempat yang berfungsi untuk membawa sesuatu/ menyimpan sesuatu. Berdasarkan penggolongannya tas dapat dibedakan atas: formal bags (tas formal), shopping bags (tas untuk kesempatan belanja/santai), sport bags (tas untuk olahraga), dan overnight bags (tas untuk bermalam/bepergian).
Crochet bag (www.thecrochetcrowd.com)

Tali pinggang
     Tali pinggang memang sudah biasa digunakan sejak zaman dahulu. Fungsi awalnya adalah untuk membuat celana menjadi pas dari ukuran yang kebesaran. Namun kini, ikat pinggang juga dapat digunakan sebagai aksesori pakaian. Tak hanya pria saja, wanita juga memakainya namun berbeda fungsinya dengan tali pinggang pria. Pada wanita lebih cenderung memadukannya dengan dress agar lebih menonjolkan sisi feminim dan mempertegas lekuk tubuh.

Crochet belt (www.outstandingcrochet.com)

Dasi (ties)
     Dasi adalah pelengkap busana yang dikaitkan melingkar pada bagian leher atau  kerah kemeja. Berdasakan ukurannya, dasi dapat dibedakan atas narrow (berukuran kecil), standard (berukuran standar), dan square (berukuran besar).
Crrochet necktie (www.thesprucecrafts.com)


Syal
     Fungsi syal pada dasarnya adalah untuk menghangatkan tubuh terutama pada saat musim yang dingin. Biasanya berbentuk persegi panjang atau kotak, dipakai dengan longgar mengelilingi pundak, leher dan kepala. Di negara-negara 4 musim, syal lebih dikenal berbahan wol yang tebal dan dibuat dengan cara dirajut membentuk persegi panjang. Kain wol ini lalu dililitkan ke sekeliling leher untuk menghangatkan ketika musim dingin tiba. Tak hanya untuk menghangatkan saja, namun juga untuk membuat penampilan terkesan menarik.
Crochet Shawl (www.static.artfire.com)
Scraf
     Scraf ialah berupa sehelai kain segi empat yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat dibelitkan, diikatkan, diselipkan pada bagian leher, kepala, bahu atau bagian lainnya dari badan. Penggunaan scraf dapat sebagai penghangat ataupun sebagai penambah keserasian atau variasi pada busana.
Silk Scarf (www.etsy.com/SwallowfieldSilk)
   
     Dengan adanya pemaparan tersebut, semoga dapat menginspirasi dalam membuat karya seputar fashion. Tidak hanya terpaku pada busana tetapi dapat mengambil alternatif lain dengan membuat milineris. Selamat berkarya!


Happy fashionably,

Widuri
Team of Indo Coyle

    

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Apakah itu Kurasi, Kurator dan Kuratorial?

DIY Mini Studio Photography