Apakah itu Kurasi, Kurator dan Kuratorial?

Apakah itu Kurasi, Kurator dan Kuratorial?

Bonjour, Kawan Indo Coyle!
     Jika karya kita terpampang di sebuah toko atau galeri alangkah membanggakan bukan? Nah, sebelum terpampang indah biasanya karya yang akan ditampilkan haruslah lolos dari tahapan kurasi. Lalu apakah itu kurasi, kurator serta kuratorial? Mari simak ulasan singkat berikut ini.
     Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa ku.ra.si (n) : kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi (pameran) di museum atau galeri. Kata Kurasi berasal dari bahasa Inggris yaitu curation, dari kata ini berkembang kata curacuratecurator, dan curatorial. Kemudian di Indonesia di sepakati dengan nama kurasi, kurator dan kuratorial. Dalam Wester New 20 Centure Dictionery, curation berasal dari bahasa latin curacuratum (to take care of) berarti menjaga, merawat, atau seseorang yang menjaga atau memilihara, memperhatikan dan mengawasi segala sesuatu seperti perpustakaan umum, musium, koleksi seni rupa dan sejenisnya.

muticraft
Penyerahan produk Muticraft yang telah lolos kurasi untuk galeri store Kota Bandung (www.instagram/muticraft)

     Istilah kurator (curator) berasal dari bahasa yunani kura, berati merawat dan menyembuhkan (cure) atau peduli (care). Kemudian dalam The Consice Oxford Thesaurus (1995) mengacu pada keeper, custodian, conservation., guardian, caretaker, stewart yang dapat diartikan orang yang menangani pekerjaan yang berhubungan dengan memelihara, memperhatikan, menjaga, membenahi, sampai menyuguhkan kembali sesuatu artefak/ objek.
     Lalu kuratorial (curatorial) merupakan pengetahuan atau pemahaman akan benda-benda (artefak). Sedang secara menyeluruh tugas kurator adalah memberi jasa perencanaan dan pelaksanaan suatu pameran seni rupa, di mana di dalamnya adalah selain praktik pameran, tetapi juga dapat membangun wacana representasi seni yang dibuat. Dasar-dasar kurasi inilah yang nantinya dapat mencerminkan kondisi situasi, visi dan misi serta citra yang dibangun dalam pameran.
     Dari pengertian di atas dalam bisnis karya istilah-istilah tersebut dapat dimaknai: kurasi merupakan kerja atau kegiatan yang berhubungan dengan penyeleksian suatu karya agar suatu produk kriya yang akan ditampilkan terjaga kualitasnya. Kemudian kurator adalah orang yang mengerjakan kegiatan tersebut mulai dari penilaian, penyeleksian sampai lolos atau tidaknya suatu produk kriya. Sedangkan kuratorial adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dan pemahaman yang berhubungan dengan pemeliharaan, menjaga, dan pengawasan sebuah kualitas dari suatu karya yang dipamerkan di sebuah tempat seperti museum, galeri dan sebagainya.
    Jadi jangan ragu untuk mengikuti kegiatan kurasi agar produk karya kita memiliki nilai lebih dengan kualitas yang sangat baik. Karena dengan tahapan kurasi kita akan mengetahui apa yang harus diperbaiki jika kurang memadai untuk lolos. Semoga ulasan singkat perihal kurasi, kurator serta kuratorial dapat dipahami dan bermanfaat bagi semua.

Salam kurasi,

Widuri
Team of Indo Coyle



Sumber:
https://5enibudaya.wordpress.com/2012/10/05/kurasi-kurator-dan-kuratorian/
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kurasi

Comments

Popular posts from this blog

Fashion: Apakah itu Milineris?

DIY Mini Studio Photography